Artikel Pengembangan Diri

Bertumbuh Melalui Tantangan


20 April 2022 | Grace Hana, S.Psi | 9

Bertumbuh Melalui Tantangan

Banyaknya tantangan dalam kehidupan terkadang membuat kita frustasi dan ingin menyerah, apalagi jika tantangan tersebut sangat besar sehingga kita merasa tidak sanggup untuk menghadapinya.

 

Tapi, sadarkah bahwa selama ini kita melewati banyak tantangan dan ternyata kita belajar banyak hal dari tantangan itu?

 

Pekerjaan baru membuat kita belajar keterampilan baru, sekaligus cara beradaptasi. Tanggung jawab baru membuat kita belajar bagaimana menggunakan kemampuan kita. Masa pandemi membuat kita belajar bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan. Masa pandemi juga memaksa kita untuk belajar menggunakan dan memanfaatkan teknologi.

 

Ternyata, tantangan sesungguhnya dapat membuat kita bertumbuh dengan cara yang terkadang tidak kita sadari. Tantangan bukan hanya membawa kita menghadapi kelemahan kita, tapi juga menyediakan kesempatan untuk kita bertumbuh dan mengembangkan diri.

 

Karena itu kita perlu menyadari hal-hal yang baik walaupun dalam situasi sulit sekalipun, caranya:



1. Belajar melihat tantangan sebagai kesempatan

Bagi kebanyakan orang, tantangan bukanlah sesuatu yang dicari. Tapi biasanya tidak ada orang yang bisa menghindari adanya tantangan. Meskipun begitu, kita dapat memilih cara melihat dan merespon tantangan yang dihadapi sebagai kesempatan untuk bertumbuh atau sebagai sesuatu yang negatif yang terjadi pada kita. Orang yang melihat tantangan sebagai sebuah kesempatan percaya bahwa dengan usaha dan ketekunan, maka ia dapat meraih kesempatan dan bertumbuh.

 

2. Gunakan tantangan untuk meningkatkan keterbukaan kita kepada kesempatan baru

          Tantangan sering terlihat sebagai pintu yang tertutup, apa yang kita kejar tampak tidak lagi mungkin, atau jalan yang kita lalui sepertinya salah, sehingga membuat kita berhenti dan menyerah. Padahal, kita perlu menyesuaikan harapan kita dengan tantangan yang ada dan tetap terbuka dengan kesempatan untuk bertumbuh. Kita perlu menyadari bahwa dalam melewati tantangan ternyata ada banyak pintu baru dan jalan yang belum ditelusuri yang dapat memimpin kita ke tempat yang kita inginkan.

 

3. Temukan penghargaan di balik tantangan

          Seperti kita tidak dapat melihat terang jika tidak ada kegelapan, begitu pula kita tidak dapat menghargai kesuksesan dan pertumbuhan bila kita tidak lebih dahulu menghadapi tantangan. Pada akhirnya, kita akan melihat hal-hal baik bagi pertumbuhan diri setelah melewati tantangan-tantangan kehidupan yang sekarang mungkin belum kita sadari.

 

Menghadapi tantangan tidaklah membuat kita menjadi lemah. Dengan memilih melihat tantangan dari lensa pertumbuhan, kita akan menemukan kesempatan baru dan penghargaan di balik tantangan. Kita dapat belajar untuk melewati tantangan kehidupan dan menggunakannya untuk memberi lebih banyak makna dan sukacita dalam kehidupan kita.

 

Referensi: chetnatripathi.com