Artikel Studi

10 Jurusan Kuliah Paling Populer Jadi Favorit Di Indonesia


29 April 2024 | Dra. Anastasia Sudarmi | 19

10 Jurusan Kuliah Paling Populer Jadi Favorit Di Indonesia

Halo calon mahasiswa baru, sudah tahukah dirimu mau ambil jurusan apa?

Memilih jurusan untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi memang tidak mudah. Banyaknya jurusan di bidang tertentu dan juga dengan adanya teknologi yang kian berkembang menjadi salah satu faktor untuk menentukan jurusan kuliah dengan tepat.

Untuk memilih jurusan kuliah yang tepat, kalian harus tahu dulu apa keahlian di dalam dirimu yang dapat diasah agar jadi tenaga ahli yang kompeten di kemudian hari. Kalian juga harus mencari banyak peluang agar bisa kuliah di jurusan yang diinginkan. 

Berikut adalah daftar jurusan kuliah terpopuler paling banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru sebagai perkiraanmu sebelum mendaftarkan diri ke kampus yang ingin kalian tuju.

Yuk, cek di bawah ini,

1. Jurusan Teknik Informatika

Dimulai dari jurusan Teknik Informatika yang biasa disebut dengan TI atau IT. Jurusan ini melahirkan ahli-ahli di bidang teknologi yang sangat berguna untuk masa depan. Ilmu yang diajarkan dalam jurusan ini selalu up to date karena selalu dibutuhkan bagi kehidupan masa kini. Teknik Informatika mempelajari ilmu teknologi, membuat aplikasi, memperbaiki jaringan sampai bahasa pemrograman dengan coding.

2. Jurusan Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin jadi salah satu jurusan yang populer karena bisa terus berguna dan bisa berkesempatan memiliki gaji yang besar bagi para lulusannya jika bekerja di bidang yang sesuai. Di balik menariknya belajar di jurusan ini, kalian harus bisa memahami ilmu-ilmu seperti Sains, Matematika, Fisika sampai Kimia.

3. Jurusan Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi akan melahirkan para ekonom yang berguna di banyak perusahaan. Bagaimana tidak, ekonomi memang menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari. Tak selalu bicara tentang uang, jurusan ini mempelajari strategi pengelolaan sumber daya yang terbatas terhadap permintaan yang tak terbatas. Diharapkan lulusan dari jurusan ini dapat menyusun strategi yang dibutuhkan instansi pemerintah maupun swasta. Ilmunya juga bisa digunakan untuk yang ingin menjadi pengusaha.

4. Jurusan Manajemen

Masih satu rumpun dengan Ilmu Ekonomi di bawah naungan rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora (SOSHUM), Jurusan Manajemen jadi salah satu yang populer karena memiliki ilmu untuk mengelola bisnis, membuat rencana, mengelola SDM hingga pemasaran. 

5. Jurusan Pendidikan

Pendidikan menjadi salah satu hal terpenting dalam hidup. Tenaga pengajar atau Guru adalah pekerjaan yang sangat mulia karena mulai dari Guru yang hebat, orang-orang dapat mengenyam pendidikan yang baik pula. 

Jurusan Pendidikan jadi salah satu tolak ukur SDM di suatu daerah.  Jurusan Pendidikan terbagi dari tingkatannya seperti PGPAUD dan PGSD. Selain itu juga terbagi dari masing-masing keahlian seperti Jurusan Pendidikan Seni, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Jurusan Pendidikan Fisika, dll.

6. Jurusan Kedokteran

Tenaga kesehatan termasuk Dokter akan selalu dibutuhkan selama bumi masih berputar. Jurusan Kedokteran jadi salah satu yang banyak diincar. Lulusan dari Jurusan Kedokteran ini sama mulianya dengan Guru karena langsung berhadapan dengan manusia. Kalau suka dengan sains, pelajaran IPA seperti biologi, bisa mencoba untuk masuk ke jurusan ini.

7. Jurusan Farmasi

Masih satu rumpun dengan Kedokteran, Jurusan Farmasi punya keterkaitan dengan para Dokter. Jurusan di bidang kesehatan ini cocok untuk kalian yang menyukai IPA dan biologi namun tidak ingin berurusan dengan organ tubuh manusia secara langsung. Ahli farmasi akan membantu manusia untuk cepat sembuh dari penyakitnya melewati obat yang diraciknya.

8. Jurusan Hukum

Jurusan ini akan banyak mengajar tentang seluk-beluk hukum dengan mendetail. Setelah lulus, kalian bisa jadi ahli hukum yang mengimplementasikan hukum terhadap suatu masalah dengan adil. Lulusan dari Jurusan Hukum bisa menjadi notaris, pengacara, penasihat hukum sampai hakim. 

9. Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi sering kali dipandang remeh padahal jurusan ini adalah salah satu yang jadi favorit dari calon mahasiswa baru. Jurusan ini mengajarkan proses penyampaian pesan secara efektif agar bisa diterima dengan baik oleh khalayak umum. Lulusannya banyak yang bekerja di industri media dan entertainment, bisa juga bekerja sebagai humas, jurnalis, konten kreator sampai penyiar.

10. Jurusan Psikologi

ini akan selalu menjadi yang populer. 

Untuk memahami manusia bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, mahasiswa di jurusan ini harus belajar dengan giat dan harus mengambil studi lanjutan jika ingin memiliki gelar profesi, misalnya psikolog pendidikan, psikolog anak atau psikolog klinis.

Sumber : https://www.pramborsfm.com/news/10-jurusan-kuliah-paling-populer-jadi-favorit-di-indonesia/all

 




Baca juga


Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!